andRie's Blog

November 8, 2012

DEMONSTRASI MAHASISWA

Filed under: ilmu sosial dasar — andriedwicn @ 12:13 pm

Definisi Demonstrasi

1. Pernyataan protes yg dikemukakan secara massal; unjuk rasa: mereka berbondong-bondong mengadakan — menentang percobaan nuklir;

2 Peragaan atau pertunjukan tt cara melakukan atau mengerjakan sesuatu: — pencak silat perlu diadakan guna memperoleh bibit-bibit pesilat yg baik;

 

ber·de·mon·stra·si v melakukan demonstrasi; melakukan unjuk rasa;

men·de·mon·stra·si v menentang suatu pihak atau seseorang dng cara berdemonstrasi;

men·de·mon·stra·si·kan v mempertunjukkan; mempertontonkan; memperagakan: dia ~ cara menggunakan alat pertanian modern

 

Demonstrasi adalah hak demokrasi yang dapat dilaksanakan dengan tertib, damai, dan intelek. Sebuah contoh yang sangat bagus, yang mestinya juga ditiru oleh mereka yang gemar unjuk rasa, yang senang turun ke jalan. Demonstrasi merupakan sebuah media dan sarana penyampaian gagasan atau ide-ide yang dianggap benar dan berupaya mempublikasikannya dalam bentuk pengerahan masa.

Demonstrasi merupakan sebuah sarana atau alat sangat terkait dengan tujuan digunakannya sarana atau alat tersebut dan cara penggunaannya. Sebagaimana misalnya internet, dapat digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi dapat juga digunakan untuk untuk mencuri. Sehingga niat atau motivasi sangat menentukan hukum demonstrasi. Ini berarti : sesungguhnya aksi-aksi itu terkait dengan niat dan sesungguhnya setiap orang akan memperoleh sesuai dengan niatnya.

Demonstrasi dapat bernilai positif, dapat juga bernilai negatif. Ini artinya ketika Demonstrasi itu menjunjung tinggi demokrasi, maka dipandang sebagai hal positip dan mempunyai nilai di mata masyarakat. Namun ketika Demonstrasi mengabaikan demokrasi maka dipandangan masyarakat sebagai hal yang tercela/negatif.

 

Sumber :

[1] http://semaft-usbypkp.blogspot.com/2012/01/pengertian-demonstrasi-uu-no-9-tahun.html

[2] http://www.artikata.com/arti-324774-demonstrasi.html

 

 

Penyebab

Demonstrasi tidak mungkin terjadi tanpa adanya suatu penyebab, ada beberapa penyebab umum yang menjadi penyebab terjadinya demonstrasi mahasiswa, diantaranya :

  1. Kebijakan pemerintah yang lebih banyak merugikan masyarakat
  2. Kinerja pemerintah yang buruk dalam menanggulangi permasalahan dalam Negeri
  3. Ketidakpuasan mahasiswa kepada Presiden
  4. Menuntut keadilan bagi masyarakat
  5. Menuntut pemunduran anggota dewan atau pemerintah dari jabatannya
  6. Menuntut HAM bagi masyarakat
  7. Memprotes tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh negara lain yang memiliki hubungan bilateral dengan Indonesia
  8. Kenaikan harga bahan baku sehari-hari
  9. Menaikan biaya sekolah, kesehatan, dll
  10. dst.

 

Sumber :

[1] http://blogsiinengce.wordpress.com/2012/10/31/tugas-softskill-4/

 

 

Demo yang Baik

Bagaimana caranya melakukan demo yang baik, benar dan indah dalam menyampaikan suatu pesan :

Pertama memahami dulu bahwa suatu demo bermakna sebagai penyampaian atau mempertunjukkan sesuatu kepada orang lain, sehingga orang lain itu minimal dapat memahami apa yang disampaikan itu. Demo atau demonstration digunakan untuk menjelaskan sebarang penyampaian apa saja. Konsep ini bisa digunakan misalnya bagi ibu-ibu yang akan mempertunjukkan bagaimana cara memasak; mahasiswa mempertunjukkan teknis menanam jagung bibit unggul secara tepat dan benar.

Langkah Kedua, sebagaimana yang telah dipahami oleh para mahasiswa adalah mengajukan izin atau pemberitahuan kepada pimpinan perguruan tinggi dan pihak Polri yang diteruskan dengan kordinasi mengenai tempat dan waktu.

Langkah ketiga, secara rapi menuju ke lokasi demo yang telah disepakati. Dalam proses ini diperhatikan kemungkinan penyusupan provokator dari luar. Bersamaan dengan itu Polisi telah ikut mengamankan dengan cara mendampingi. Dalam keadaan jumlah pendemo tidak terlalu masif, teknik mendampingi adalah sangat tepat untuk menghindari posisi berhadap-hadapan antara mahasiswa dan pihak pengamanan. Jika perlu, pimpinan mahasiswa atau korlap dan komandan pengamanan secara bersama bernyanyi atau meneriakkan yel-yel yang sehat dan bermartabat. Hal ini penting untuk membangun kebersamaan kedua belah pihak.

Langkah keempat adalah memperhatikan keamanan dan keleluasaan orang lain, yang mungkin berlalu lalang di tempat itu. Jangan sampai kebebasan yang diberikan oleh sistem demokrasi ini malah mengancam kebebasan orang lain. Jika ini terus terjadi, sama artinya pendemo merusak tatanan demokrasi yang ingin dibangun di negeri ini. Hindari kelakuan yang dapat membuat publik atau masyarakat umum sakit hati dan malah menjadi anti terhadap kegiatan demo. Jika ini terjadi, alih-alih ingin mendapat simpati dan dukungan publik, malah sebaliknya, anda akan menjadi common enemy atau musuh bersama.

Langkah Kelima adalah menyampaikan orasi, yang pokok pikirannya itu telah tertuang di dalam tulisan yang disiapkan tersebut. Sampaikanlah orasi itu dengan baik. Boleh dengan suara keras, tetapi tidak dalam kalimat caci maki dan dengan wajah yang beringas. Ingatlah bahwa mahasiswa lebih mengandalkan akal pikirannya ketimbang emosi.

Langkah Keenam, jika semua materi yang ingin disampaikan telah tuntas, sangat simpatik sekali anda bersalam-salaman, kalau perlu berpelukan dengan teman-teman atau bapak-bapak Polisi yang bertugas. Mereka yang bertugas itu sesuai perintah mengamankan dan mendampingi para pendemo. Mereka bekerja sesuai protap yang telah ditetapkan. Percayalah, jika materi yang anda sampaikan itu benar, masuk akal dan bermutu, apalagi bermanfaat bagi rakyat banyak, pasti pikiran dan hati Pak Polisi juga berpihak kepada anda.

Terakhir, dan ini tak kalah pentingnya adalah peranan Media. Demo yang benar dan indah ini akan terbiarkan begitu saja ditelan bumi jika Media mengabaikannya. Contoh yang baik sekali telah dilakukan oleh Media, terutama Bangka Pos pada saat Demo BEM UBB dan KAMMI yang lalu. Meletakkan demo yang damai di posisi headline adalah sangat terpuji. Apalagi jika dicantumkan juga foto dimana para pendemo dan Polisi bersalam-salaman. Alangkah indahnya dipandang mata. Publik telah jenuh dengan adegan dorong-dorongan, pukul-pukulan, lempar-lemparan antara pendemo dan Polisi.

 

Sumber :

[1] http://www.ubb.ac.id/indexkolomrektor.php?judul=DEMO%20YANG%20BENAR%20DAN%20INDAH&&nomorurut_rektor=37

 

 

Tanggapan yang Diinginkan

Suatu demonstrasi pastilah ingin aspirasinya didengarkan baik itu kepada pemerintah, pejabat ataupun warga sekitar agar mereka semua mengetahui keluhan ataupun ketidak nyamanan akan sesuatu yang mereka rasakan, oleh sebab itu pendemo ingin sekali aspirasi mereka direspon atau ditanggapi, seperti :

  1. Pemerintah mendengarkan seluruh aspirasi dari masyarakat dan juga mencarikan solusi yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.
  2. Pemerintah memenuhi janjinya untuk mementingkan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi.
  3. Pemerintah lebih mempertimbangkan setiap tindakan yang dilakukan atau lebih memikirkan rakyat kecil.

 

 

Solusi

Solusi yang terbaik agar dominstrasi mahasiswa ataupun warga berjalan dengan baik yaitu dengan mempertimbangkan lebih dalam akan suatu dampak yang diambil terlebih dahulu, seperti pemerintah lebih mempertimbangkan setiap keputusan yang diambil mulai dari pemerintah atas hingga bagian pemetrintahan terkecil. Hal itu dilakukan agar mencegah adanya demontrasi warga ataupun mahasiswa yang berkemungkinan timbulnya anarki.

Solusi terbaik bila terjadinya perbedaan pandangan antara pemerintah dengan mahasiswa yaitu dengan adanya diskusi bersama antara pemerintah dengan beberapa petinggi perkuliahan ataupun orang-orang yang mengenal betul atau ahli dibidangnya sehingga resiko gesekan perbedaan antara mahasiswa ataupun warga dengan pemerintah dapat dimimalisir.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: