andRie's Blog

March 11, 2012

Sosial Budaya Dasar Peradaban

Filed under: ilmu budaya dasar — andriedwicn @ 11:11 pm

Sosial Budaya Dasar Peradaban

Sumber : http://www.anneahira.com/sosial-budaya-dasar.htm

 

Beberapa ahli mengatakan mempelajari sosial budaya dasar berarti juga mempelajari sebuah peradaban, sebab dikatakan bahwa peradaban adalah bagian dari kebudayaan yang sudah tidak tumbuh atau berkembang lagi. Namun, ada pula yang menentang pendapat ini.

Menurut mereka yang menentang, peradaban ialah segala hal mengenai bidang kehidupan untuk kegunaan praktis (praktikal), sedangkan kebudayaan lebih mengarah kepada segala yang berasal dari keinginan dan gairah yang lebih murni.

Bagaimanapun, sosial budaya sebagai dasar peradaban manusia tidaklah terbantahkan, sebab sebuah logika sederhana dapat dijadikan landasan, yakni suatu masyarakat yang telah dikatakan mencapai tahap peradaban tertentu.

Jika, masyarakat itu telah mengalami evolusi dan perkembangan kebudayaan pada tingkat tertentu. Yang terlihat dari taraf intelektual, teknologi maupun keindahan kebudayaan tersebut.

 

Tujuh Unsur Kebudayaan

Menurut para ahli, terdapat tujuh unsur kebudayaan universal yang saling berkaitan dan terintegrasi, yang dapat dijadikan acuan untuk melihat sebuah bentuk peradaban manusia:

  1. Sistem teknologi,
  2. Peralatan,
  3. Sistem mata pencaharian,
  4. Organisme,
  5. Sosial,
  6. Religi, dan
  7. Bahasa.

Pemahaman sosial budaya dasar untuk mempelajari peradaban manusia juga merupakan kunci untuk menjaga keberlangsungan kehidupan manusia itu sendiri. Sebab, semakin menyadari dampak-dampak kebudayaan dalam kehidupan sosial, diharapkan pula dapat mewujudkan kebudayaan-kebudayaan yang lebih baik serta minim efek negatif.

Sosial budaya dasar merupakan ilmu yang dapat dijadikan wadah pembelajaran serta pedoman bagi manusia dan sekelompok manusia yang disebut masyarakat agar memiliki kebudayaan dan peradaban tinggi tanpa perlu melakukan pengujian dan kesalahan berulang kali, yang bisa merugikan masyarakat secara luas.

 

Konsep Sosial Budaya Dasar dalam Filsafat

Hukum, sejarah, seni, teologi dan filsafat merupakan Pengetahuan Budaya (The Humanities). Filsafat adalah ilmu yang amat menarik dan istimewa, ilmu ini mencoba untuk mencari jawab atas pertanyaan-pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh ilmu pengetahuan yang biasa.

Filsafat dan budaya dapat bertemu dalam satu hal yaitu berpikir. Filsafat ialah berpikir dengan radikal, mendalam, universal tapi sistematis, sedangkan kebudayaan adalah cara pikir atau hasil cipta pikir. Dengan kata lain, filsafat adalah cara hidup atau pandangan hidup yang mengendalikan cara berpikir sebuah kebudayaan. Di balik setiap sosial budaya dasar selalu ditemukan filsafat.

Sosial budaya dasar juga dipandang sebagai sebuah nilai untuk mengetahui tingkat peradaban manusia. Semakin tinggi nilai yang diwujudkan maka semakin tinggi pula peradaban sebuah bangsa. Karena itulah tiap-tiap bangsa atau negara di dunia ini tingkat peradabannya amat berbeda.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: