andRie's Blog

May 26, 2011

Wireless dan Wired

Filed under: jaringan komputer — andriedwicn @ 10:23 pm

Ada dua macam teknologi jaringan yang umum yaitu:

  • Jaringan wireless / wireless network – yang menggunakan komunikasi antar piranti dengan menggunakan gelombang radio.
  • Jaringan wired – yang menggunakan kabel data jaringan dalam komunikasi antar piranti jaringan dengan technology ethernet.

Wireless Network

Kelebihan utama jaringan wireless tidak menggunakan kabel dalam komunikasinya, akan tetapi menggunakan gelombang radio, seperti telephone cordless. Keuntungannya adalah sifat mobilitasnya yang tinggi dan tidak tergantung kepada kabel dan koneksi tetap. Keuntungan yang bisa dipetik dengan jaringan wireless ini secara umum sebagai berikut:

  • Bebas bekerja dari mana saja dan bersifat mobile, asalkan terjangkau oleh jaringan wireless ini.
  • Tidak ada batasan kabel jaringan atau sambungan tetap, jadi tidak memerlukan kabel data yang terkadang merepotkan,sehingga menghemat waktu.
  • Instalasi yang relative cepat dan mudah.
  • Mudah dalam pengembangannya.

Jaringan wireless umumnya juga disebut sebagai Wi-Fi – Wireless Fidelity, yang memungkinkan menggunakan komputer dimana saja selama masih dalam jangkauan jaringan wireless. Bahkan di tempat umum sekarang ini sudah banyak disediakan layanan hot-spot seperti di café, di airport, di hotel, di tempat bisnis dan lain-lain.

Wired Network

Teknologi jaringan komputer menggunakan kabel telah dipakai selama beberapa dekade dan yang paling banyak dipakai adalah technology ethernet. Komunikasi jaringan wired menggunakan kabel jaringan yang umum memakai cable CAT5, cable jaringan ethernet. Jaringan kabel sangat bagus jika ingin melakukan transfer data dalam jumlah yang sangat besar dengan stabil dan kecepatan tinggi seperti transfer data multimedia professional berkualitas.

Keuntungan dari jaringan wired bisa meliputi beberapa hal berikut ini:

  • Relative berbiaya rendah.
  • Menawarkan performa yang paling bagus, walaupun instalasinya relative rumit.
  • Kecepatan relative lebih tinggi sampai kecepatan Gigabit, dibandingkan dengan kecepatan wireless paling tinggi ideal adalah 300 Mbps (dengan standard draft 802.11n dan dilengkapi technology antenna MIMO, itu jika kondisi sangat ideal, dalam kenyataannya untuk wireless-B yang ideal 11 Mbps saja hanya bisa mencapai paling 7 Mbps).
  • Relative lebih aman dibandingkan jaringan wireless, apalagi jika keamanan fisik bisa dikendalikan dengan baik. Sementara untuk jaringan wireless, bisa menembus keamanan fisik (seperti tembok yang tebal sekalipun, dengan menggunakan technology booster / hi-gain masih bisa menembusnya dengan baik karena memakai gelombang radio sebagai transmisi medianya.

Pada suatu infrastruktur jaringan corporate yang sangat besar skalanya, penggunaan jaringan kabel sangat mutlak dipakai dengan menggunakan system redundansi jaringan kabel inter-switch yang sangat effisien dengan protocol STP dan tuning manual.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: