andRie's Blog

April 23, 2011

Perhitungan Bunga Kredit

Filed under: perbankan — andriedwicn @ 1:17 pm

Pada saat mata kuliah Terapan Komputer Perbankan dosen saya menjelaskan mengenai Perhitungan Bunga Kredit. Dimana dijelaskan dua metode yang biasa digunakan yaitu:

–          Flate Rate

–          Sliding Rate

Pada mata kuliah ini kami ditugaskan untuk membuat sebuah program untuk menunjang tulisan atau penjelasan yang kami lakukan. Saya coba membuatnya menggunakan bahasa c++ dengan mengunakan program Turbo C. Tampilan program yang coba saya buat seperti berikut :

Bila kita ingin menyelesaikan perhitungan bunga kredit dengan Metode Flate Rate maka dapat ditekan angka satu lalu enter dan bila ingin mengetahui bunga kredit dengan Metode Sliding Rate maka hanya perlu ditekan dua. Selain dari tampilan menu diatas maka pilihan tidak akan ditrima dan akan kembali ke tampilan awal ini.

Dalam membuat program ini pastilah diperlukan rumus dasar untuk menghitungnya, dibawah ini merupakan rumus yang saya gunakan dalam perhitungan tersebut.

Setelah rumus dan cara kerja telah diketahui maka sekarang kita selesaikan contoh kasus dibawah ini dengan menggunakan metode yang ada.

Contoh Kasus :

Pada tanggal 20 Maret 2010 Tuan Andrie mendapat persetujuan pinjaman investasi senilai Rp. 12.000.000,- untuk jangka waktu 6 bulan. Bunga yang dibebankan sebesar 15% pa. Hitunglah cicilan setiap bulannya jika di hitung dengan Metode Flat Rate dan Sliding Rate.

Langsung saja kita selesaikan kasus diatas menggunakan program yang saya buat. Pertama untuk menyelesaikan Metode Flat Rate maka hal pertama yang kita lakukan yaitu menekan angka satu pada menu utama. Setelah itu kita masukkan data sesuai kasus diatas.

Bila data telah dimasukkan sesuai dengan kasus diatas maka akan memperoleh hasil seperti diatas. Setelah itu bila kita ingin melakukan perhitungan dengan Metode Sliding maka pada tampilan dibawah kita ketikkan ‘t’ dan akan tampil ke menu utama dan kita pilih menu ke dua.

Setelah selesai memasukkan data sesuai dengan kasus yang terjadi maka akan memperoleh hasil seperti dibawah diatas tadi. Saya akui terdapat kesalahan pada program yang saya buat tetapi akan saya perbaiki secepatnya karena program ini harus diselesaikan tepat waktu maka ada sedikit kesalahan. Pada hasil diatas terdapat dua perhitungan yaitu sliding dan flat. Coba perhatikan ada kesamaan angka, untuk mengantisipasi agar tidak salah membaca table maka kolom bunga dan total cicilan dikosongkan karena itu merupakan perhitungan flate rate dan diganti dengan dua kolom yang terluar.

Dari program atau perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan perhitungan antara flat rate dengan sliding rate. Total cicilan yang cenderung berbeda hal tersebut dikarenakan pada metode flate rate bunga cenderung tetap lain halnya dengan sliding rate yang berkurang nilai pinjaman yang ada.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: