andRie's Blog

April 23, 2011

Pengunaan TSI Perbankan

Filed under: perbankan — andriedwicn @ 11:08 am

Saat perkuliahan Terapan Komputer Perbankan saya mempelajari tentang penggunaan TSI perbankan, dimana pada TSI tersebut terbagi menjadi empat bagian besar yaitu : Platform, Komunikasi Data, Hubungan Antar Kantor, dan Integritas System.  Empat bagian tersebut terhubung dan saling terkait satu sama lain salah satunya yaitu Platform berhubungan vertical dengan Integritas System dan Komunikasi Data berhubungan horizontal dengan Hubungan Antar Kantor.

 

Pada bagian Platform lebih mengarah pada perangkat keras yang digunakan seperti Main Frame, Mini Komputer dan PC atau PC LAN.  Sedangkan hubungan vertical Platform yaitu Integritas System  lebih mengarah pada bagaimana cara pengolahan data tersebut contohnya itu Real Time dimana data diperbaharui setiap waktu. Contohnya yaitu pada Bank BCA dan BRI bila kita menglakukan pengiriman antar bank tersebut maka uang yang kita miliki akan berkurang pada saat kita selesai melakukan penyetoran, hal tersebut terjadi karena pengolahan data dilakukan secara Real Time.

 

Selain Real Time ada juga pengolahan pada Integritas System yaitu Batch. Contohnya seperti berikut, bila kita pernah mengalami kasus dimana kartu ATM kita tertelan di mesin ATM dan kita mengurusnya di bank yang bersangkutan maka kita disuru menunggu seminggu atau beberapa hari kemudian hal tersebut dinamakan Batch karena data ditumpuk terlebih dahulu dan kemudian diproses sehingga memerlukan waktu yang cukup lama. Hal tersebut terjadi karena tidak setiap saat pengisi mesin ATM membuka mesin ATM sehingga hal tersebut baru diproses sesuai dengan beberapa waktu pengisi mesin tersebut melakukan pengisian. Selain Real Tima dan Batch  ada pula pengolahan data secara Re-entry.

 

Komunikasi Data merupakan contoh ketiga dari penggunaan TSI perbankan dimana komunikasi tersebut dapat dilakukan secara Online dan Offline. Komunikasi data Offline yaitu pertukaran data yang dilakukan tanpa adanya jaringan internet sebagai penghubungnya atau biasa dilakukan pada satu gedung saja, dah bahkan pada bank-bank yang belum berkembang komunikasi data yang dilakukan masih menggunakan flashdisk. Sedangkan bila dilakukan secara Online  itu seperti Vsat, Leased Line dan Dial Up.

 

Contoh terakhir atau bagian terakhir yaitu Hubungan Antar Kantor, terbagi menjadi tiga bagian besar yaitu Centralisasi yaitu dimana pemprosesan data terpusat pada pusat bank dan bergantung sepenuhnya pada pusat. Sedangkan Distributed yaitu pusat memberikan kewenangan untuk data diolah kecabang terlebih dahulu dan kemudian dikumpulkan ke pusat dengan ketentuan waktu yang telah disepakati. Combination  merupakan cara berhubungan antar kantor yang melakukan keduanya sekaligus atau mengkombinasikannya.

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: