andRie's Blog

January 21, 2010

Beda, Jalan Sehat dan Jalan di Mal..

Filed under: berbagi ilmu — andriedwicn @ 11:32 pm

Manfaat Jalan Kaki:

1. Baik untuk jantung

Berjalan kaki 30 menit perhari dapat mengurangi metabolic syndrom, salah satu penyebab tingginya resiko terkena penyakit jantung, diabetes dan stroke.

2. Mengurangi risiko kanker payudara

Studi yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association menyebutkan, berjalan kaki beberapa jam saja dalam sepekan bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara 10-30 persen. Berjalan kaki membuat lemak pada perempuan akan berkurang dan menjadi sumber estrogen.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

National Sleep Foundation menyebutkan, berjalan cepat disore hari akan membuat tidur lebih nyenyak. Para ahli menyatakan bahwa berjalan kaki akan meningkatkan hormon sorotonin yang akan membuat anda merasa lebih nyaman.

4. Mengurangi rasa sakit dan nyeri

Berjalan kaki secara teratur akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman, karena ada gerakan yang terjadi pada tubuh, termasuk pergerakan tangan, dan yang paling utama adalah kaki. Berjalan kaki juga mengurangi risiko kram.

5. Membuat bahagia

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas menyimpulkan, berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi depresi dan stres, karena tubuh manusia memproduksi endorphin, yaitu semacam hormon yang membuat orang menjadi bahagia.

6. Membuat langsing

Berjalan kaki selama 30 menit/hari dapat mengurangi berat badan. Bahkan hasil sebuah penelitian Brown University dan University of Pittsburgh menyebutkan, perempuan yang berjalan kaki satu jam selama lima hari dalam satu minggu dan mengonsumsi 1.500 kalori tiap hari, dapat mengurangi berat badan sebanyak 11,3 kilogram dalam setahun.

7. Awet muda

Beberapa studi yang telah dilakukan menyarankan pada manula untuk lebih sering berjalan kaki karena dapat mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer. Berjalan kaki juga membuat otak menjadi aktif.

8. Mengurangi keropos tulang

Berjalan kaki selama 30 menit sebanyak  tiga kali dalam seminggu dapat mencegah dan mengurangi keropos tulang. Berjalan kaki yang menggunakan 95 persen otot tubuh akan membuat tulang lebih kuat untuk menahan beban tubuh.

sumber : warta kota

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: