andRie's Blog

November 16, 2009

ARSITEKTUR KOMPUTER

Filed under: tugas — andriedwicn @ 9:43 am

ARSITEKTUR KOMPUTER

NAMA : Andrie Dwi Cahyo Nugroho

NPM : 30108226

UNIVERSITAS GUNADARMA

DEPOK

I. ARSITEKTUR KOMPUTER

Skema computer (computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer.

1.   Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain dan mengubah input menjadi output.

  • • Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program.
  • • Control unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem
  • • Arithmatika and logical Unit , tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika.

2.   Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.

3.   Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tiak digunakan.

4.  Unit Output, mencatat hasil pengolahan.

I. Peralatan Input

Beberapa alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga

sebagai alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan

terminal. Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak

langsung.

Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU

melalui alat input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan

ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing

device, scanner, voice recognizer.

Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses

oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk

yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat

input tidak langsung terdiri dari: key-to-card, key-to-tape, key-to-disk.

Modem merupakan salah satu jenis alat input data untuk menghubungkan ke komputer dengan komputer lain melalui jaringan telepon. Jenis input hardware lainnya yaitu light pen yang digunakan untuk menunjuk item-item pada layar monitor dan bar

code reader yang biasa digunakan di supermarket untuk mengidentifikasi suatu jenis

barang.

1. 1 Keyboard

Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar

rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.

Keyboard computer pertama disesuaikan dari kartu pelunbang(punch card) dan

teknologi p[engiriman tulisan jarak jauh(teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC

menggunakn pembaca kartu pembuat lubang(punched card reader) sebagai alat input dan

output.

Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet A-Z, a-z, angka(numeric),

0-9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = / , . ? “ ‘ : ; \ |,

tombol fungsi (F1-F12), serta tobol-tobol khusus lainnya yantg jumlah seluruhnya adalah

104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts.

Keyboard dihubungkan ke computer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukan kedalam port yang terdapat pada CPU komputer.

1. 2 Mouse

Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan”Mouse” dapat

digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse.

Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat dibelakang mouse, maka

akan terlihatdua pengendali gerak didalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat

bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk yang satu kearah horizontal

(mendatar) dan satu lagi Vertikal (atas dan bawah ).

Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua

tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari

penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “click” ini tergantung pada object

(daerah) yang kita tunjuk. Computer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila

tidak mengenai area atau object yang tidak penting.

Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal dengan istilah “Drag” yang

artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernnya, salah satu akibatnya object tersebut

berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke object lain dan terdapat kemungkinan

lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang

kita jalankan. Mouse terhubung dengan computer dengan sebuah kabel yang terdapat

pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukan pada port yang terdapat di CPU computer.

1. 3 Scanner

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin

foto kopi. Mesin foto kopi hasilnya dapat langsung kita lihat pada kertas sedangkan

scanner hasilnya ditampilakn pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat

dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian

dapat disimpan sebagai file tekx, dokuman dan gambar.

Cara kerja scanner :

Ketika kita menekan tombol mouse untuk memulai scanning, yang terjadi adalah :

  1. penekanan tobol mouse dari computer mwnggerakan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning
  2. kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning
  3. nyala lampu yang telihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan
  4. setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor
  5. apabila hasil atau tampilan teks atan gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakn software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, adobe, pot scanned dll

Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambare yang berwarna yaitu :

  1. scanner yang hanya bisa satu kali menscan warna dan menyimpan semua wara tersebut pada saat itu saja
  2. scanner yang lansung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersbut adalah merah, hijau, dan biru.

Scanner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang ke dua, tetapi menjadi kurang bagusjika digunakan reproduksi warna. Kebanyakan scanner di jalankan

pada 1 bit, 8 bit(256 warna) dan 24 bit (> 16 juta warna). Bila kita membutuhkan hasil

yang sangat baik maka dianjurkan mengunakan scanner dengan bit yang besar agar

resolusi warna lebih banyak dan bagus.

II. MEMORY SEKUNDER

( SECONDARY MEMORY )

Memory sekunder, dipergunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program secara permanen sebagai berkas atau file. Contoh memory sekunder adalah floppy disk,

hard disk, zipdrive, CD-Rom, DVD, dan lain-lain. Sebagian besar memory sekunder saat

ini berbentuk disk/cakram/piringan. Operasi terhadap data, informasi, dan program

dilakukan dengan perputaran disk. Satu putaran piringan disebut RPM ( Rotation Per

Minute ). Semakin cepat perputaran, maka waktu akses akan semakin singkat. Hal ini

mengakibatkan semakin besar tekanan terhadap disk dan semakin besar panas yang

dihasilkan. Jenis memory sekunder yang akan digunakan akan menentukan kecepatan

akses dan metode akses data. Beberapa contoh ukuran kecepatan memory sekunder

adalah sebagai berikut.

  • • Pre-IDE : Memiliki kecepatan 3600 RPM
  • • IDE : Memiliki kecepatan 5200 RPM
  • • IDE/SCSI : Memiliki kecepatan 5400 RPM
  • • IDE/SCSI : Memiliki kecepatan 10000 RPM

Memory sekunder memiliki alat untuk membaca dan menulis. Alat untuk membaca dan menulis pada harddisk disebut head sedangkan pada floppy disk disebut side. Setiap piringan dalam disk memiliki 2 sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1. Head/side dibagi menjadi sejumlah lingkaran konsentrik yang disebut track. Kumpulan

track yang sama dari sebuah head yang ada disebut cylinder. Pada suatu track dibagai menjadi daerah-daerah lebih kecil yang disebut sector.

Hubungan antara berkas dan unit input/output ditunjukkan terhadap oleh bagan dibawah ini:

Memory sekunder mempunyai karakteristik sebagai berikut.

  1. Sifat penyimpanan yang tetap ( persistent ), sehingga media penyimpanan sekunder perlu dipisahkan dari unit pengolah utama ( central prosessing unit/ CPU ) dan memory utama ( main memory ), dan di hubungkan oleh kabel/bus ke unit pengolah ( prosessor ) dan memory utama ( main memory )
  2. Kemampuan untuk digunakan secara bersama-sama ( shareability )
  3. Kemampuan untuk menyimpan sejumlah data, informasi, dan program

Langkah pengolahan data daeri dalam memory sekunder adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan lokasi data pada memory eksternal (external memory/storage )
  2. Prosessor akan membaca data, dan menyalin data dari memory eksternal

( external memory/storage ) ke memory utama (main memory)

Pada saat menupdate data, maka salinan data dalam main memory yang telah diubah akan dituliskan, yaitu dipindahkan dari main memory ke memory sekunder

Berdasarkan medianya, memory sekunder terdiri atas :

1. Optical disk

  • Menggunakan prinsip optis, yaitu berdasarkan pantulan cahaya ( sinar laser ) pada head baca.
  • Pembacaan data tidak melibatkan kontak fisik antara head dan disk
  • Proses penulisan datanya lebih lambat dari pada proses pembacaan data
  • Lebih awet tahan terhadap jamur, dan lain-lain
  • Pembacaan data secara acak ( Random )
  • Mempunyai kemampuan baca-tulis ( read/write )
  • Kapasitas besar
  • Ukuran kecil
  • Contoh : cd rom

2. Magnetik storage

  • Dapat terbentuk disk/tape
  • Media penyimpanan ini menggunakan bahan serbuk magnet
  • Akses data menggunakan prinsip induksi magnetis
  • Jenis ini terdiri atas magnetic tape dan magnetic disk

2. 1 Magnetic Tape

Magnetik tape berbentuk pita panjang dan terbuat dari bahan plastic film ( mylar )

yang dapat dimagnetisasi ( ferrum oxide atau chromic oxide ) kerapatan datanta termasuk

tinggi, 1200-9000 Bpi ( bit per inchi ) sedangkan kerapatan data standar yang digunakan

adalah 800/1600 Bpi. Kecepatan pembacaan/ penulisan pada magnetic tape adalah 75-

200 inchi/det. Umumnya magnetic tape memiliki lebar pita 0.5 inchi dan memiliki

ketebalan pita 0.15 inchi ( = 3.88 mm ) atau 0.25 inchi ( 6.4 mm ) panjang pita berfariasi,

yaitu 300,600,1200 atau 2400 feet per reel.

Metode penyimpanan yang digunakan bisa dengan metode blocking ( dipisahkan

oleh interblock/ IBG ) atau tanpa bloking ( dipsahkan oleh inter record Gap/ IRG ) lebar

IRG berkisar antara 0.12-0.6 inchi sedangkan lebar IBG antar 0.3-0.75 inchi. Resiko yang

dihadapi pada media jenis ini adalah sensitive terhadap distorsi,debu, kelembaban, magnet, dan suhu tinggi.

Akses pembacaan dan penulisan data pada magnetic tape dilakukan secara

sequential dengan transfer rate relative lambat, sehingga dalam penggunaannya termasuk

media offline jumlah track pada magnetic tape bias 7/9 track. Tape 7 track digunakan

untuk tape kode bcd untuk tape dengan kode BCD, track ke 0 hingga ke 5 untuk penulisan karakter dan track ke 6 untuk bit paritas. Sedangkan tape 9 track digunakan

untuk tape dengan kode EBCDIC ( track ke 0 hingga ke 7 untuk penulisan karakter dan

track ke 8 untuk bit paritas ) bit paritas digunakan untuk mengecek kesalahan, yang dapat

dipilih jenis odd/event check. Contoh yang termasuk dalam jenis media ini adalah pita

kaset dan real tape. Teknologi baru pada magnetic tape semakin meningkat dengan cirri

kualitas head semakin baik, data den city semakin tinggi, g a p semakin sempit.

2. 2 Hard Disk

Hard disk dibuat dari bahan berupa logam yang dilapisi ferrooxide dan bahan

yang mudah termagnetisasai. Struktur hard disk tersusun atas sejumlah disk dengan

jumlah track bisa mencapai 200 track. Jumlah head pada hard disk berfariasi tergantung

jumlah disk penyusunnya. Kecepatan hard disk bisa mencapai 7500 RPM .

Hard Disk merupakan salah satu media penyimpan sekunder (storage) yang

menpunyai kapasitas yang relatife besar.program-program aplikasi berkuran besar yang

banyak beredar,mutlak memerlukan hard disk sebagai media penyimpannya.kapasitas

hard disk berfariasi mulai dari 40 MB,80 MB,640MB,840 MB,1.0GB,1.2GB,1.7 GB,2.1

GB,4,3GB,10 GB,20GB,40 GB, 60 GB, dan teknologi yang lebih baru akan memiliki

kapasitas yang semakin besar.

Sebuah Harddisk tersusun dari komponen-komponen sebagai berikut.

  1. Piringan Logam.
  2. Head.
  3. Rangkaian elektronik.
  4. Rangkaian penguat.
  5. DSP (digital signal processor)
  6. Chip memory.
  7. conector.
  8. Spindle.
  9. Actuator arm motor.

2. 3 Removable Hardisk

Secara prinsip removable hardisk sama dengan hardisk, hanya saja dapat dipasang

dan dilepas dengan mudah. Removable hardisk dibentuk berupa cartridge, yang dipasang

pada removable rack. Removable rack tersambung pada power supplay dan kabel data

IDE interfacenya.

2. 4 Floppy Disk/Disket

Floppy disk/disk/disket secara fisik ada yang berukuran 3,5” atau 5,25”. Disk

berukuran 5,25” dibagi 2, yaitu high density yang mempunyai kapasitas 1,2MB dan

double density dengan kapasitas 360KB. Disk berukuran 3,5” ada yang memiliki

kapasitas 720KB, 1,44MB atau, 2,88MB. Akses data dalam floppy disk dilakukan dengan

menggunakan diskdrive.

Floppy disk terbuat dari bahan plastik film (mylar) yang dilapisi bahan magnetic

lentur. Susunan data dalam floppy disk diatur serial dalam track dan sector. Floppy disk

dapat mempunyai 1 indeks hole(soft sectored) atau 2 indeks hole(hard sectored).

2. 5 Zip Drive

Zip drive meruapakan teknologi terbaru yang dikembangkan untuk mengataasi

kapasitas floppy disk. Zip drive terdiri dari atas floppy drive dan cartridge floppy khusus

yang mampu menampung data hingga hampir 100MB. Teknologi ini sangat membantu

karena ukuran data saat ini semakin besar dan seringkali tidak cukup jika disimpan dalam

floppy disk atau harus disediakan banyak floppy disk.

2. 6 CD Room

CD-Room bukanlah alat penyimpanan yang paling cepat, namun CD-Room

merupakan media pendistribusian paling murah untuk data/informasi berukuran besar.

CD-Room bukan saja digunakan untuk menyimpan data teks, tetapi juga dapat menyimpan gambar, suara, dan animasi sehingga media ini untuk aplikasi multimedia

CD-Room merupakan salha satu media penyimpanan sekunder(storage) yang berkapasitas besar (hingga 700MB). Banyak aplikasi yang bisa dijalankan secara

langsung dari CD-Room sehingga bisa menghemat kapasitas Hard disk

Jenis CD-Room drive adalah sebagai berikut:

  1. CD-Writeable

Mampu melakukan proses baca dan tulis, tetapi proses penulisan tersebut

hanya bisa dilakukan sekali saja, data dalam CD-W ini bisa bertahan sampai

100 tahun.

  1. CD-Rewriteable atau CD-Erasable

Jenis ini mampu melakukan proses baca dan tulis, dan proses tulis pada

media CD-RW dapat dilakukan berulang kali. Jadi kita bisa menghapus data

pada media tersebut dan menulisnya kembali. Data dalam CD-RW bisa

bertahan sampai 30 tahun.

2. 7 DVD (Digital Versatile Disc)

DVD merupakan kelanjutan teknologi memori sekunder menggunakan media optical disk. DVD memiliki kapasitas hingga mencapai 9GB. Keterangan mengenai DVD drive rate, data rate, equivalent CD rate, serta actual CD speed ditampilkan dalam tabel 1.

DVD ada yang dapat ditulisi satu kali saja dan ada yang lebih (Recordable DVD).

Versi Recordable DVD adalah sebagai berikut:

  • DVD-R for General, hanya sekali penulisan.
  • DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan.
  • DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali.
  • DVD-RW, dapat ditulis berulang kali.
  • DVD+Rw, dapat ditulis berulang kali.
  • DVD+R, Hanya sekali penulisan.

2. 8 Mechanical Storage

Mechanical Storage mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • Terbuat dari bahan semi konduktor dan unsur mekanis.
  • Pembacaan dan penulisan data melibatkan unsur mekanis.
  • Contoh: disket
  • Unsur mekanis yang terlibat meliputi: rotasi, translasi, dan gesekan.

Unsur mekanis ini mengakibatkan kecepatan transfer datanya jauh lebih rendah dari IC-RAM.

III. OUTPUT DEVICE

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk,yaitu tulisan (huruf,angka,symbol khusus),image (dalam bentuk grafik atau

gambar),suara ,dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable

form).Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh

manusia,sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses

selanjutnya dari komputer.

Peralatan output dapat berupa:

  • Hard-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
  • Soft-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.

Output bentuk pertamasifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas

dari alat output dan dapat dibawa ke mana-mana).Alat yang umum digunakan untuk ini

adalah printer,plotter,dan alat microfilm.Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa

video display,flat panel,dan speaker.Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan

media magnetic disk adalah disk driver,dan yang mengguanakn media magnetic tape

adalah tape driver.

3. 1 Printer

Klasifikasi dasar printer adalah :

  1. Character printer yang mencetak satu karakter setiap kali.Contohnya yang paling umum adalah dot matrix printer.
  1. Line printer yang mencetak seluruh baris setiap kali.
  2. Page printer (image printer) yang mencetak seluruh halaman setiap kali.

Metode dasar penghasilan cetakan:

  1. Impact atau non-impact printing.Impact printer memukulkan atau membenturkan pita tinta ke kertas,sedangkan non-impact printer menggunakan metode printer lain,misalnya thermal atau elektrostatik.
  2. Shaped character printing atau dot-matrix printing.Shaped character printing mempunyai hasil cetakan yang lebih baik dari dot-matrix printing.

Kecepatan cetak (print speed):

  1. a. Low speed (kecepatan rendah) : 10 cps / 300 lpm

Dot matrix impact character printer.Ini adalah jenis printer berkecepatan rendah yang paling sering digunakan,dan sering disebut dengan nama “dot matrix printer”. Daisywheel printer.Ini adalah jenis lain printer berkecepatan rendah yang terkenal,yang akan digunakan jika kita memerlukan kualitas cetakkan yang tinggi. Inkjet printer.Ini adalah printer berkecepatan rendah yang tidak gaduh,karena menggunakan cara penembakan percikan tinta yang sangat halus ke atas kertas.

  1. b. High speed (Kecepatan tinggi) : 300 lpm – 3000 lpm

Line printer.Ini adalah impact shaped-character printer yang mencetak

keseluruhan baris setiap kalinya.

Page printer.Ini adalah printer yang mencetak tampilan sebesar halaman penuh

setiap kalinya.

3. 2 Graph Plotter

Graph plotter digunakan untuk tujuan (penggunaan) ilmiah dan perekayasaan. Salah satu aplikasi khususnya adalah CAD (Computer Aided Design),dimana desain mesin atau arsitektural diciptakan oleh computer dan dikeluarkan (outputnya pada graph plotter).

Perangkat ini memberikan bentuk output yang sama sekali berbeda,dan ia mempunyai

keragaman aplikasi.Dua jenis dasarnya adalah:

  1. Flatbed type.Penanya bergerak keatas,turun,menyilang,atau menyamping.
  2. Drum type.Penenya bergerak keatas,turun,dan menyilang. Kertasnya bergerak

menyamping.

3. 3 Monitor

A. PEMBAGIAN MONITOR BERDASARKAN JENIS

Pada dasarnya monitor terbagi 3 kelompok yaitu :

1. Monitor Digital

2. Monitor Analog

3. Monitor Multiscaning

1. MONITOR DIGITAL

Monitor digital adalah monitor yang menggunakan sinyal digital dalam

pengiriman data dari video card ke monitor.Sinyal digital ini adalah sinyal yang

diwakili oleh data 0 dan 1.Yang termasukan monitor jenis ini adalah monitor

Monochrome Display Adapter (MDA),Color Graphic.Adapter (CGA) dan Enhanced

Graphic Adapter (EGA).

2. MONITOR ANALOG

Monitor analog adalah monitor yang menggunakan sinyal analog dalam

pengiriman datanya.Sinyal analog adalah sinyal yang dapat berisi sembarang nilai

antara nilai maksimum dan minimum.Contoh monitor analog adalah Video graphic

Array Adapter (VGA)yang dikenalkan pada IBM PS/2.Nomor portnya sama dengan

EGA,scan line 400 baris sehingga dapat membentuk ukuran character 9×16.Resolusi

maksimum adalah 640×480 dengan 16 warna.

3. MONITOR MULTISCANING

Monitor multiscaning adalah monitor yang dapat menerima dua bentuk

sinyal,digital ataupun analog.Monitor ini menggabungkan kemampuan yang dimilki

monitor analog dan monitor digital,sehingga dapat dipasangkan dengan video card

yang bermacam-macam.Mendukung modus Super VGA,modus yang lebih tinggi dari

modus yang dimiliki VGA.

B. PEMBAGIAN MONITOR BERDASARKAN TEKNOLOGI

Berdasarkan teknologinya,monitor dapat dibagi atas :

1. Monitor Super VGA

2. Monitor Radiasi Rendah (Low Radiation)

3. Monitor Hemat Energi (Green Monitor)

4. Monitor Multi Fungsi

1. MONITOR SUPER VGA

Monitor Super VGA lebih baik dari VGA,memiliki dot pitch lebih kecil dari

VGA dan mendukung resolusi yang lebih tinggi.Tidak ada standar untuk monitor

Super VGA sehingga tidak jarang dijumpai 2 monitor Super VGA yang tidak sama

resolusinya.

2. MONITOR LOW RADIATION

Tidak semua electron yang ditembakan tabung monitor dapat diserap oleh

lapisan phosphor yang terdapat pada monitor tersebut.Sebagian ada yang berhasil

lolos keluar dari monitor.Elektron yang keluar tersebut membangkitkan medan

magnet disekitar bagian depan monitor.Hal ini berbahaya bagi kesehatan

mata.Disamping umumnya jarak monitor dengan mata kurang dari 1 meter.Untuk

mencegah hal ini,dibuat monitor dengan daya magnetisasi yang kecil.Beberapa

contoh monitor low radiation adalah SPC CM-1200V Syncmaster 3,Philips

4CM2799.

3. GREEN MONITOR

Green Monitor adalah monitor yang memiliki sifat-sifat hemat energi

pemakaian listrik dan memakai bahan-bahan yang dapat didaur ulang.Monitor

demikian dirancang dengan memakai komponen hemat listrik dan memiliki

kemampuan untuk auto-off,yang dapat mati sendiri jika setelah beberapa saat tidak

digunakan.Bahan-bahan yang digunakan membuat monitornya menggunakan bahan

yang dapat didaur ulang,terutama bahan dari plastic.

4. MONITOR MULTIFUNGSI

Monitor Multifungsi adalah monitor yang dapat digunakan untuk tujuan

lain,selain untuk menampilkan output dari computer,misalnya monitor yang dapat

berfungsi juga sebagai televisi,penayangan video dan lain-lain.Dewasa ini monitor

demikian banyak digunakan untuk multimedia dimana sebuah computer dapat

dihubungkan dengan berbagai macam peralatan lain seperti pengolah data, teks, grafik, animasi,audio,dan video,CD player,sound card,laser disc dan lainlain.

C. PEMBAGIAN MONITOR BERDASARKAN ADAPTER VIDEO

Perkembangan Adapter video mulai dari yang pertama monitor monochrome dan

berlanjut dengan diciptakan adapter video untuk monitor XVGD(Extended Video

Graphics Display) hingga kini mengalami beberapa tahapan sebagai berikut :

1. Monocrome Display Adapter (MDA)

MDA merupakan suatu adapter video untuk jenis 1 warna (biasanya hijau)

dan hanya mempunyai resolusi 80 kolom x 25 baris saja,dan hanya dapat mengolah

data teks tidak dapat mengolah grafik.Di peta memori computer PC,memori MDA

terletak pada segmen B000 Hex,sebesar 4 Kb.

2. Color Graphics Adapter(CGA)

CGA dikembangkan sejak tahun 1981.CGA mendukung modus grafik dan

dapat menampilkan warna,baik pada modus teks ataupun modus grafik.Resolusi

tertinggi 640×200 baris.Di peta memori computer PC,memori CGA terletak pad

segmenB800 Hex,sebesar 16 Kb.

3. Hercules Graphics Card (HGC)

HGC merupakan adapter video untuk jenis monitor monochrome.Adapter ini

merupakan penyempurnaan MDA,karena dapat menampilkan grafik.HGC dirancang

oleh Van Suwannukul dari Hercules Computer Technology.Resolusi tertinggi adalah

720×348 pixel.Di peta memori computer PC,letak memori HGC sama dengan untuk

MDA.

4. Enhanced Graphic Adapter (EGA)

EGA merupakan pengembangan dari CGA dengan resolusi dari tata warna

yang lebih baik.Awalnya card EGA IBM memiliki memori 64 Kb,kemudian diperluas

menjadi 128 Kb.Jadi ada 3 macam adapter card EGA.Resolusi tertinggi yang dapat

ditampilkan adalah 640xx350 pixel,Di peta memori computer PC,memori EGA

terletak pada segmen A000 Hex.

5. Profesional Graphics Adapter (PGA)

Pada saat yang sama dikeluarkan EGA,IBM memperkenalkan PGA.PGA

memiliki kemampuan untuk menampilkan grafik 3 dimensi.Adapter ini dapat

menjalankan 60 bingkai animasi per detik.Resolusi maksimumnya adalah 640×480

pixel. PGA merupakan adapter khusus untuk aplikasi CAD/CAM.Selanjutnya PGA

tidak diproduksi karena harganya mahal dan tergolong lambat.

6. Multi Color Graphics Array (MCGA)

MCGA merupakan adapter video untuk computer PS/2 model 25 dan 30.Pada

resolusi 320×200 pixel,warna yang dapat ditampilkan adalah 256 warna dari 262.144

palet warna yang tersedia.

7. Video Graphics Array (VGA)

VGA dikenalkan tahun 1987,dan sekarang menjadi standar monitor.Awalnya

VGA dibuat untuk computer PS/2,tetapi dalam perkembangan selanjutnya dapat

digunakan pada computer PC/XT dan PC/AT.Resolusi maksimumnya adalah

720×400 pixel dalam 2 warna sedangkan pada resolusi 640×480 pixel dapat

ditampilkan 256 warna.

8. Display Adapter

Adapter ini dibuat untuk PS/2 dan mempunyai resolusi yang lebih tinggi dari

VGA,dapat menampilkan 256 warna pada resolusi maksimum 1024×768 pixel pada

modus grafik,sedangkan pada modus teks dapat ditampilkan 146 kolom x 51 baris.

9. Super Video Graphic Array (SVGA)

SVGA pada dasarnya sama dengan 8514,tetapi SVGA biasa disebut pada

adapter non IBM.SVGA daoat digunakan pada PC/XT/AT,bukan untuk PS/2. Resolusi maksimum SVGA yang umum adalah 1024×768 pixel dengan 256 warna.

10. Extended Graphics Adapter (XGA)

XGA merupakan adapter keluaran terakhir yang memiliki resolusi yang paling

tinggi (lebih dari 1024×768 pixel).

D. RESOLUSI DAN DOT PITCH

Resolusi adaah ukuran yang menyatakan jumlah pixel yang dapat ditampilkan di

layar.Semakin tinggi resolusi suatu monitor akan semakin halus pula gambar yang

ditampilkannya.Dotpitch adalah jarak antara 2 kesatuan phosphor merah-hijau-biru,atau

jarak antara 1 titik pixel dengan titik pixel lainnya.Dot pitch ditentukan dalam ukuran

seperseratus millimeter.

E. VERTICAL SCAN RATE (REFRESH RATE) & HORIZONTAL SCAN RATE

Refresh rate merupakan satuan berapa banyak sinaran/pancaran electron kembali

memulai dari posisi awalnya dari kiri atas monitor tiap detik.Refresh rate mempunyai 2

macam jenis,yaitu interlaced dan Non Interlaced.Pada system Interlaced,proses scaning

akan dilakukan dalam 2 kali lewatan,baris ganjil dan seterusnya.Pada umumnya system

interlaced akan menghasilkan cukup banyak flicker adalah suatu proses yang terjadi

dimana jika frekwensi penembakan electron terlalu sedikit,maka ketika penembakan

berikutnya tiba,bayangan sinar yang sebelunya masih belum hilang secara sempurna

sehingga diperoleh efek berkedip.

Horizontal scan rate dihitung dengan cara mengailkan jumlah baris perlayar dengan besarnya refresh rate.Misal : sebuah monitor dngan resolusi 640×480 dengan refresh rate 60 Hz.maka diperlukan 28.800 scan per detik.disamping itu ada waktu yang hilang saat antara scanning berhenti di suatu baris dan sinaran dihentikan untuk pindah ke baris berikutnya dan proses dimulai lagi dari awal,besarnya skitar 10% sehingga secara keseluruhan Horizontal scan raet adalah 28.800 +(28.800*10%) = 31.700 scan per detik

(31,7 KHz).Pada resolusi 800×600 dengan refresh rate 72 Hz,diperlukan monitor yang

mampu memberikan Horizontal scan rate sebesar 47,5 KHz.Pada resolusi 1042×768 dengan refresh rate 72 Hz,Horizontal scan rate yang diperlukan 59 KHz.

IV. Peranan peralatan input, output dan perangkat

lunak dalam pemecahan masalah.

Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik

secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter

(berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak

langsung).

Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung

atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis

umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi

peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet,

analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).

V. Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.

5. 1 Fungsi Dasar

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu

perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi

berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai

program aplikasi serta para pengguna.

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti

membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk

menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang

sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumberdaya.

Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting

sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari

kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

5. 2 Tujuan Mempelajari Sistem Operasi

Tujuan mempelajari sistem operasi agar dapat merancang sendiri serta dapat

memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita, agar dapat memilih

alternatif sistem operasi, memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan agar konsep

dan teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain.

5. 3 Sasaran Sistem Operasi

Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu kenyamanan — membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman, efisien — penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien, serta mampu berevolusi — sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem-sistem yang baru.

5. 4 Sejarah Sistem Operasi

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat,

yang dapat dibagi kedalam empat generasi:

  • Generasi Pertama (1945-1955)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik

sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan

manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat

kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem

operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara

langsung.

  • Generasi Kedua (1955-1965)

Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang

dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi

ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi

sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

  • Generasi Ketiga (1965-1980)

Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani

banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat

terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di

gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi-programming (melayani banyak

program sekali gus).

  • Generasi Keempat (Pasca 1980an)

Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana

pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu

sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan

Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang

sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana

komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak

komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

5. 5 Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi

Paket operasi ataupun program yang dibuat dengan High Level Langguage,

seperti misalnya BASIC, FORTRAN, COBOL, dana Bahasa C dan lain sebagainya,

tidaka akan dapat dijalankan kalau tidak ada Operating System yang mendukungnya.

Sistem operasi ini akan mengatur semua proses dari sistem komputer.

1954. Sistem Operasi Yang Pertama Kali

Sistem operasi pertama kali dikembangkan pada sekitar tahun 1954 di General

Motor Research Laboratories untuk di gunakan pada komputer IBM 701. kemudian pada

tahun 1955, programmer di General Motor Research Laboratories bekerja sama dengan

North American Aviation menulis OS(operating System) untuk komputer IBM 704.

beberapa OS yang lainnya telah ditulis untuk komputer-komputer besar sejak dari tahun

1950 sampai dengan tahun 1960. OS tersebut terbatas pengguanaannya. Yaitu hanya

dapat digunakan untuk aplikasi pengolahan data secara sequential(urut) atau batch saja

dan biasanya dirancang untuk satu komputer saja.

1960. Sistem Operasi Untuk Komputer Mini Pertama Kali

OS untuk komputer mini pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 bersamaan

dengan diproduksinya komputer-komputer mini. Sebelum tahun ini, OS hanya digunakan

untuk komputer-komputer besar (mainframe). Pada bulan April 1964, IBM

memperkenalkan OS yang disebut dengan OS/360 untuk dipergunakan pada semua seri

komputer 360.

1969. Unix

Pada tahun1969, Ken Thompson dari Bell Laboratories menulis suatu OS yang

disebut dengan UNIX. Yang diterapkan pada komputer PDP-. Pada tahun 1973, UNIX

dikembangkan dengan cara ditlis ulang dengan menggunakan bahasa C, sehingga

merupakan OS pertama yang ditulis dengan High Level Langguage. Sejak tahun tersebut,

banyak orang memperkirakan bahwa UNIX akan menjadi OS yang paling populer dan

akan banyak dipergunakan. UNIX merupakan OS untuk komputer 16-bit. UNIX pertama

kali diterapkan di mainframe computer dan mini computer.

1970. CP/M

Pada tahun 1970, komputer micro mulai dikembangkan dan bersamaan dengan

itu, perusahaan Digital Research mengembangkan OS yang diterapkan di komputer

mikro, yang disebut dengan CP/M. CP/M merupakan singkatan dari Control

Program/Microprocessor.

CP/M merupakan OS yang paling populer untuk komputer mikro 8-bit yang

mempergunakan microprocessor Zilog 80(Z80) atau microprocessor Intel 8080. CP/M

pada tahun 1976 diperbaiki dan lebih ditingkatkan dengan nama CP/M-80 dan karena

popularitasnya dan banyak di pergunakan, dianggap sebagai standar OS untuk komputer

8-bit. Penulis dari CP/M adalah Gary Kidall.

1980. MS-DOS

Sebelum tahun 1980, OS yang paling banyak dipergunakan dan dianggap sebagai

standar dari OS adalah CP/M-80 buatan Digital Research. Tetapi sejak tahun 1980.

Microsoft Corporation di Bellevue, Washington yang dipakai oleh William Bill Gates.

Mengembangkan OS dengan nama MS-DOS (Microsoft-Disk Operating System) untuk

computer 16-bit. MS-DOS dipergunakan di komputer micro yang menggunakan

microprocessor Intel 8088 atau Intel 8086.

Merasa bahwa CP/M-80 yang dipergunakan di komputer 8-bit mulai banyak

ditinggalkan, Digital Research menegmbangkan OS yang baru dengan nama CP/M-86

untuk komputer 16-bit yang mempergunakan microprocessor Intel 8086 sebagai

penyaing MS-DOS.

OS lainnya yang dikembangkan oleh pabrik microsoft diantaranya adalah Xenix,

yang sebenarnya adalah Unix versi Microsoft untuk microprocessor Intel 8086, Zilog

8000 dan Motorola 68000. OS lainnya adalah:

–         Oasis-16 dibuat oleh Phase One System.

–         Pick OS dibuat oleh Pick System Inc.

–         p-System dikembangkan pertama kali di university of california at san Diego pada tahun 1974.

–         TRS-DOS dibuat oleh Tandy Radio Shack.

1985. Microsoft Windows Yang Pertama

Perusahaan Microsoft memasarkan sistem operasi Windows versi yang pertama

pada tahun 1985. Windows sebagai sebuah sitem operasi sebenarnya belum bekerja

sepnuhnya sebagai platform, tetapi masih bekerja dibawah DOS. Ini berarti sebelum

Windows dioperasikan, sistem operasi DOS sudah harus digunakan terlebih dahulu yang

kemudian Windows dipanggil melalui DOS tersebut. Kelebihan Windows dari DOS

adalah kemudahannya untuk digunakan(user friendly) Karena menggunakan sistem GUI.

Multitasking( yaitu dapat mengerjakan program serentak dalam bentuk windows yang

dapat dipindah dari satu window ke window yang lain).

Walaupun demikian, windows versi 1.0 ini tidak populer dan kurang diminati

karena berbagai alasan, yang pertama adalah Windows 1.0 beroperasi dengan lambat

disebabkan pada waktu itu processor yang digunakan kurang mendukung. Yang kedua

adalah masih sedikitnya perangkat lunak yang ditulis untuk sistem operasi ini.

1987. IBM Operating System/2

IBM OS/2 dibuat oleh IBM untuk mengatasi kekurangan dari IBM PC-DOS atau

MS-DOS. Dengan microprocessor 80286 dan 80386. OS/2 dapat mengalamati memori

diatas batas 640 KB yang tidak dapat dilakukan oleh IBM PC-DOS. OS/2 mempunyai

beberapa kelebihan yaitu sebagai berikut:

–         Dapat Mendukung beberapa aplikasi yang menggunakan memori sampai 16 MB

–         Membuat manajemen basis data lebih mudah dengan menyediakan semua saranasarana untuk membuat basis data.

–         Dapat digunakan untuk network dengan dihubungkan pada beberapa host Computer

–         Dapat digunakan untuk multitasking, sehingga dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

1988. Windows/386

Windows/386 dipekenalkan pada tahun 1988. Windows versi ini diharapkan dapat

membuat pengguna komputer berpindah dari DOS ke Windows, karena sudah didukung

oleh processor Intel 80386 yang sudah cukup cepat di komputer IBM PC/386.

1990. Windows 3.0

Mulai tahun 1990, popularitas Windows melalui Windows 3.0 meningkat dengan

cepat. Keberhasilan Windows 3.0 tidak terlepas dari dukungan processor Intel 80846

yang sudah cukup cepat di computer IBM PC/486. setahun kemudian pada tahun 1991,

Windows versi 3.1 diluncurkan untuk memperbaiki versi sebelumnya.

1993. Mosaic, Browser Internet Pertama Di Sistem Windows

Pada tahun 1990-an system Windows yang digunakan adalah versi 3.x. Windows

3.x ini tidak memiliki protocol, untuk hubunagn ke internet. Sehinnga di perlukan

perangkat lunak khusus untuk menjelajah ke internet. Salah satunya adalah yang disebut

dengan browser. Mosaic merupakan browser yang diperkenalkan pada tahun 1993.

mosaic merupakan browser internet yang pertama disistem Windows.

1995. Windows 95

Microsoft mengeluarkan Windows 95 yang mempunyai beberapa kelebihan dari

Windows versi 3.x. Windows 95 sudah tidak beroperasi dibawah platform DOS,sehingga

operasinya lebih cepat dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya.

2000. Linux

Linux adalah sebuah sistem operasi yang sangat mirip dengan sistem-sistem

UNIX, karena memang tujuan utama rancangan dari proyek Linux adalah UNIX

compatible. Sejarah Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Universitas

Helsinki, Finlandia bernama Linus Benedict Torvalds menulis Linux, sebuah kernel

untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok

untuk PC.

Kernel Linux terdistribusi di bawah Lisensi Publik Umum GNU (GPL), dimana

peraturannya disusun oleh Free Software Foundation. Linux bukanlah perangkat lunak

domain publik: Public Domain berarti bahwa pengarang telah memberikan copyright

terhadap perangkat lunak mereka, tetapi copyright terhadap kode Linux masih dipegang

oleh pengarang-pengarang kode tersebut. Linux adalah perangkat lunak bebas, namun:

bebas dalam arti bahwa siapa saja dapat mengkopi, modifikasi, memakainya dengan cara

apa pun, dan memberikan kopi mereka kepada siapa pun tanpa larangan atau halangan.

5. 6 Layanan Sistem Operasi

Sebuah sistem operasi yang baik menurut Tanenbaum harus memiliki layanan

sebagai berikut: pembuatan program, eksekusi program, pengaksesan I/O Device,

pengaksesan terkendali terhadap berkas pengaksesan sistem, deteksi dan pemberian

tanggapan pada kesalahan, serta akunting.

Pembuatan program yaitu sistem operasi menyediakan fasilitas dan layanan untuk

membantu para pemrogram untuk menulis program; Eksekusi Program yang berarti

Instruksi-instruksi dan data-data harus dimuat ke memori utama, perangkat-parangkat

masukan/ keluaran dan berkas harus di-inisialisasi, serta sumber-daya yang ada harus

disiapkan, semua itu harus di tangani oleh sistem operasi; Pengaksesan I/O Device,

artinya Sistem Operasi harus mengambil alih sejumlah instruksi yang rumit dan sinyal

kendali menjengkelkan agar pemrogram dapat berfikir sederhana dan perangkat pun

dapat beroperasi; Pengaksesan terkendali terhadap berkas yang artinya disediakannya

mekanisme proteksi terhadap berkas untuk mengendalikan pengaksesan terhadap berkas;

Pengaksesan sistem artinya pada pengaksesan digunakan bersama (shared system); Fungsi pengaksesan harus menyediakan proteksi terhadap sejumlah sumber-daya

dan data dari pemakai tak terdistorsi serta menyelesaikan konflik-konflik dalam

perebutan sumber-daya; Deteksi dan Pemberian tanggapan pada kesalahan, yaitu jika

muncul permasalahan muncul pada sistem komputer maka sistem operasi harus

memberikan tanggapan yang menjelaskan kesalahan yang terjadi serta dampaknya

terhadap aplikasi yang sedang berjalan; dan Akunting yang artinya Sistem Operasi yang

bagus mengumpulkan data statistik penggunaan beragam sumber-daya dan memonitor

parameter kinerja.

VI. APLIKASI

6. 1 Perkembangan Perangkat Lunak Paket Aplikasi

Sejak beredarnya computer personal,telah ribuan macam perangkat lunak untuk

bermacam-macam keperluan aplikasi tersedia di pasaran guna memenuhi kebutuhan para

pemakai komputer.

1976. Electric Pencil.

Pada tahun ini, Michael Shrayer memperkenalkan suatu program pengolah kata

(word processor) yang diberi nama Electric pencil. Electric pencil pada mulanya hanya

untuk computer mikro altair saja, tetapi kemudian dikembangkan untuk computerkomputer

mikro yang lainnya dan sejumlah alat cetak (printer), semuanya sampai dengan

78 versi. Electric pencil tidak dapat menembus pasaran karena kurang popular. Electric

pencil merupakan paket pengolah kata yang pertama dan sampai 2 tahun kemuduan

merupkan paket pengolah kata satu-satunya yang beredar dipasaran.

1979. Word Star

John Barnaby menulis program pengolah kata atas permintaan Seymour

Rubinstein. Sebelum menulis program, Seymour Rubinstein telah mengunjungi beberapa

penjual perangkat lunak untuk menegtahui keinginan masyarakat tentang software

pengolah kata. Program paket tersebut kemudian disebut Word Star dan sukses

menembus pasaran dengan perusahaannya yang bernama micropo. Beberapa versi Word

Star telah beredar dipasaran, diantaranya Word Star release 3.4, Word Star profesional

release 4.0 dan lain sebagainya.

1979. Apple Writer

Apple Writer juga merupkan program paket pengolah kata yang habis terjual.

Apple Writer ditulis oleh Paul Lutus yang nyentrik. Paul Lutus merupkan programmer

yang independen.

1979. VisiCalc

Pada tanggal 11 mei 1979 pada west coast computer fair, paket program

spreadsheet pertama yang dirancang untuk pemakai komputer personal telah

diperkenalkan dengan nama VisiCalc(Visible calculator atau visual calculator). VisiCalc

merupakan ide dari Daniel Bricklin dan dibuat oleh Robert Frankston. Daniel Bricklin

adalah seseorang lulusan dari MIT yang sudah bekerja sebagai software engineer di

peruasahaan komputer Digital Equipment Corporation (DEC) yang kemudian mengikuti

kuliah kembali di Harvard Businees School.

1981. dBASE-II

Wayne Ratliff, ahli tehnik NASA menulis suatu program untuk aplikasi bisnis

pada waktu-waktu senggangnya dan memasarkannya dengan nama vulcan,tetapi tidak

sukses di pasaran.

Sementara George Tate, ahli didalam mereparasi komputer yang kemudian

menjadi ahli pemasaran software bersama-sama dengan Hal Lachlee mengadakan

kontrak dengan Wayne Ratliff untuk memasarkan Vulcan. Nama Vulcan kemudian

dirubah menjadi dBASE-II. Supaya seakan-akan merupakan software yang terbaru,dari

peningkatan dBASE sebelumnya, padahal dBASE-I tidak pernah ada. dBASE-II

dipasarkan pada tahun 1981 dengan nama perusahaannya Ashton-Tate yang sebenarnya

merupakan paket DBMS(Database Management Systems) yang mempunyai bahasa

tingkat tinggi.

1982. LOTUS 1-2-3

Lotus 1-2-3 merupakan suatu program paket yang berisi gabungan programprogram

spreadsheet. Grafik dan kemampuan untuk mendapatkan informasi, yaitu tiga

bentuk program dalam satu program. Lotus 1-2-3 ditulis oleh mitchell kapor, lulusan dari

yale University tahun 1971 lotus 1-2-3 khusus ditulis untuk komputer mikro 16 bit IBM

PC..

Berikut ini adalah beberapa macam paket software untuk komputer IBM PC atau yang

kompatibel dengan IBM PC.

1. Aplikasi Untuk Pengolah Kata:

Microsof Word, Final Word,Easy writer II,NBI word processing,Word Vision,Word Star, Textplus, dan lain-lain.

2. Aplikasi Untuk Database Dan File Management:

Advanced Db master,Advanced System PAC,Aladin,Data Ace,dBASE-III,Easy

Filler,Visifile,dan lain-lain.

3. Aplikasi Untuk Permodelan:

Calc-86,Construction Models, Microsoft Window, Symphony,Vizualize, VIZA-

CON, The Thinker, dan lain-lain.

4. Aplikasi Untuk Investasi Manajemen:

Finacial Fastrax, Financial Software series,Market Maverick, Optioncalc,stockcal, dan lain-lain.

5. Aplikasi Untuk Akuntansi:

Account payable,Colorbiz Inventory,Gneral Ledger System,Inventory control, Versainventory, dan lain-lain.

6. Aplikasi Penjadwalan Proyek:

Microgantt,Shoebox,Time Scheduler, Visischedule, dan lain-lain.

7. Aplikasi Untuk Komunikasi Dan Telekomunikasi:

Ascom, Ethernet,The Micro Link II, Microterm,Move-it, dan lain-lain.

8. Aplikasi Untuk Garfik:

Auto Cad, Business Graphics, Corel Draw, Pc-Draw,Graph Magic, Pyxel Visual, Adobe Photoshop, Fast Graph, dan lain-lain.

9. Aplikasi Untuk Manipulasi Printer:

Letrrix, Fancy Font, Nice Print, Select A Font, Printer Boss,Side Ways, dan lain-lain.

10. Aplikasi Untuk Manfaat :

Autodex, Sevenware, Side Kick, The Spooler, Super key,System Backup, UT-86, The Norton Utilities, dan lain-lain.

11. Aplikasi Untuk Sorting:

Autosort, fatsort,HBsort, the Sort, The Sorter, dan lain-lain.

12. Aplikasi Untuk Pendidikan:

FaceMaker, Math Drills,Pc Pal, Pc pilot,Video Etch,Word Whiz, dan lain-lain.

13. Aplikasi Untuk Permainan:

Apple Panic, jumpman,Miliionaire,space minner,zork, flight simulator, train simulator, dan lain-lain.

14. Aplikasi Untuk Statistic:

BMD,Microstat,SPSS, Statpro, TSP, SAS, dan lain-lain.

Sumber : wahyukr.staff.gunadarma.ac.id

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: