andRie's Blog

March 8, 2011

Perkembangan dan Tujuan Utama Bank

Filed under: perbankan — andriedwicn @ 3:14 am

Perkembangan Bank

Awal mula kata Bank adalah BANCO yang berarti “bangku” dalam bahasa italia. Pada mulanya bank hanya dimanfaatkan sebagai tempat penukaran uang. Dikarenakan pada awal terbentuknya bank masih diterapkannya sistem barter. Tetapi seiring perkembangan zaman yang semakin meningkat bank tidak hanya lagi melayani penukaran uang saja. Bank berusaha untuk melayani penyimpanan uang dan sekarang ini bank juga sudah dapat untuk memberikan pinjaman uang kepada nasabahnya.

Pertama kalinya bank swasta masuk di Indonesia, peminatnya masihlah sangat sedikit dan masih belum percayanya masyarakat untuk menyimpankan uang mereka di bank. Di ambil salah satu bank swasta di Indonesia yaitu BCA. Pada awal perkembangan bank ini peminat bank sangatlah sedikit. Sehingga untuk meyakinkan nasabah baru mereka memberikan sarana untuk setiap nasabah yang menabung di bank mereka tidakah dikenakan potongan. Setelah berjalan sekian lama mulailah meningkat nasabah bank ini dikarenakan cepat dan tanggapnya bank tersebut terhadap keluhan dan saran dari pada nasabahnya.

Semakin besar dan tersebarnya BCA tersebut mulailah adanya penarikan biaya bulanan kepada nasabahnya dimulai dari Rp 2.500 per bulan kemudian Rp 5.000 per bulan dan sekarang ini telah sampai pada Rp 10.000 per bulan, bahkan ada pula yang ditarik dengan biaya Rp 20.000 per bulan. Dengan fasilitas penarikan hingga Rp 10.000.000 untuk setiap penarikannya. Semakin berkembangnya BCA tersebut meningkatkan semangat bank-bank yang lainya, ambilah contoh Bank BRI. Perkembangan bank tersebut termotivasi dengan semakin pesat dan tersebarnya BCA di Indonesia.

Untuk meningkatkan pelayanan para nasabah Bank BRI, sekarang ini telah tersebar berbagai unit dan cabang yang tersebar di berbagai daerah hingga daerah yang terbilang jauh dari perkotaan. Untuk unit sekarang telah tersebar hingga kecamatan dan tersebar pula ATM-ATM yang jaraknya semakin strategis dan mudah untuk dijangkau masyarakat.

Tujuan Utama Bank

Bank merupakan lembaga profit yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Bank juga sebagai perantara antar nasabah. Hal tersebut terjadi karena bank mendapatkan jasa dari para penyimpan uang dan kemudian uang yang nasabah simpankan di dalam bank kemudian diputar kembali ke nasabah lain dengan memberikan pinjaman atau memberikan kredit. Dan dari kredit yang diberikan, bank mendapatkan jasa berupa bunga yang dibebankan kepada kreditur atau peminjam dan sebagai balas jasa kepada nasabah yang menyimpan uangnya ke bank maka diberikan bunga untuk setiap bulanya. Bila digambarkan maka dapat terbentuk sebagai berikut:

 

Dari gambar diatas terlihat jelas bahwa bank selain sebagai penghimpun dana tetapi juga sebagai penyalur dana kepada nasabah. Sehingga tidak hanya mendapatkan jasa dari dana yang nasabah himpun tetapi juga mendapatkan jasa dari dana yang telah disalurkan.  Menurut H. Malayu S.P. Hasibuan bank juga berfungsi sebagai :

  • Lembaga keuangan

Badan usaha yang kekayaannya terutama dalam bentuk aset keuangan (financial assets) serta bermotifkan profit dan juga sosial, jadi bukan hanya mencari keuntungan saja.

  • Pencipta uang

Bank menciptakan uang giral dan mengedarkan uang kartal. Pencipta dan pengedar uang kartal (uang logam & kertas) merupakan otoritas tunggal bank sentral, sedangkan uang giral dapat diciptakan bank umum

  • Pengumpul dana dan penyalur kredit

Bank dalam operasinya mengumpulkan dana kepada SSU dan menyalurkan kredit kepada DSU

  • Pelaksana Lalu lintas pembayaran (LLP)

Bank menjadi pelaksana penyelesaian pembayaran transaksi komersial atau financial dari pembayaran ke penerima. Lalu lintas pembayaran diartikan sabagai proses penyelesaian transaksi komersial dan / atau finansial dari pembayaran kepada penerima melalui media bank. LPP ini sangat penting untuk mendorong perdagangan dan globalisasi perekonomian, karena pembayaran transaksi aman praktis dan ekonomis.

  • Stabilisator moneter

Bank mempunyai kewajiban ikut serta menstabilkan nilai tukar uang, nilai kurs atau harga barang-barang relatif stabil atau tetap, baik secara langsung maupun melalui

mekanisme Giro Wajib Minimum (GWM) bank.

  • Dinamisator perekonomian

Bank merupakan pusat perekonomian, sumber dana, pelaksana lalu lintas pembayaran, memproduktifkan tabungan dan pendorong kemajuan perdagangan nasional dan internasional. Tanpa peranan perbankan, tidak mungkin dilakukan globalisasi perekonomian.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: